Sabtu, 18 Maret 2017

Seri Mengenal Makanan Korea Part 4: Jjigae (Stew)

Ini dia satu lagi makanan Korea yang sedang Hits. It's Jjigae

Saat ini, sudah ada beberapa restoran Korea di Indonesia yang menawarkan Jjigae sebagai menu andalan mereka. Atau bahkan nama restorannya sendiri sudah memakai nama Jjigae, seperti Jjigae House. Jjigae is really popular even in Korea itself. 

Jjigae ini kalau di negara-negara barat, dikenal dengan nama Stew, masakan seperti soup namun dengan kuah yang lebih kental.


Kimchi Jjigae
sumber: koreanbapsang.com

Yang khas dari Jjigae adalah bumbunya yang terasa pedas. Panas dan Pedas, emang paling cocok buat makan malam di hari yang dingin. :-)

Jjigae memiliki banyak variasi. seperti misalnya Kimchi-jjigae, Sundubu-jjigae, Budae-jjigae, Saengseon-jjigae, Gochujang-jjigae, Doenjang-jjigae, dan sebagainya. Nama-nama dari variasi jjigae disesuaikan dengan bahan-bahan atau bumbu yang dipakai.



Kimchi-jjigae merupakan salah satu variasi jjigae yang paling terkenal dan disukai oleh mayoritas penduduk Korea. Sesuai namanya, kimchi-jjigae merupakan jjigae yang dibuat dengan menggunakan kimchi.

Cari tahu tentang Kimchi disini:
Seri Mengenal Makanan Korea Part 5: Kimchi 


Penduduk Korea memang mayoritas menyukai rasa asam dan pedas, jadi tidak heran kalau sebagian besar penduduk korea menyukai Kimchi-jjigae ini


Budae-jjigae juga merupakan salah satu variasi jjigae paling populer. Budae-jjigae bisa diartikan sebagai army stew, ya, variasi yang satu ini memang ada hubungannya dengan tentara. Di akhir perang korea, sekitar tahun 1950-an, bahan makanan sulit didapat, maka kelebihan persediaan makanan yang ada di pangkalan militer Amerika menjadi bahan pangan yang penting buat mereka. Bahan makanan berupa makanan kaleng seperti Ham, Sosis, dan lain-lain, kemudian biasa dimasukkan ke dalam soup pedas dengan saus gochujang. Jadilah Budae-jjigae, makanan Fusion antara masakan Korea dengan bahan-bahan makanan ala Amerika. Belakangan, masyarakat mulai menambahkan bahan-bahan seperti tteok, mie instan, dan keju. 


Cerita mengenai jjigae, jadi lapar neh.
Sudah dulu ya, kita lanjut lagi di post saya berikutnya dalam Seri Mengenal Makanan Korea lainnya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar