Rabu, 08 Februari 2017

Amazing Seafood ala Makassar: Pangkep 33 - Pluit

Hi Gourmet Lovers, kali ini saya mau berbagi pengalaman seru makan bareng temen2 openricer pada saat OpenRice Gathering lalu yang diadakan di Pangkep 33, Pluit. Yay, Seafood has always been my favourite. So, waktu tahu ada gathering yang diadakan di restoran seafood, I'm very excited to join in.

Sekilas tentang Pangkep33, Restoran yang satu ini berawal dari sebuah warung makan di pinggir jalan. Seperti seafood tenda yang memang menjamur di Jakarta. Pangkep 33 menyajikan hidangan seafood yang diolah dengan bumbu dan cara masak ala Makassar.
Cara pengolahan seafood ala makassar ini biasanya dibuat dengan bumbu yang minimal untuk justru menciptakan cita rasa yang maksimal. Istilahnya, kita diajak untuk menikmati daging dari makanan laut tersebut, bukan bumbunya.

Karena pembuatan hidangan yang dibuat dengan passion yang besar dari sang pemilik, akhirnya Pangkep33 bisa berdiri sebagai sebuah restoran yang cukup besar dan nyaman. Dan saat ini sudah memiliki beberapa cabang.

Well, let's start to see apa yang saya makan di restoran Pangkep 33 ini.

Menu yang dihidangkan untuk OpenRice Gathering kali ini nggak sedikit loh, Coba lihat daftar menu ini.


Dan masih banyak menu lain yang tidak ada di daftar ini, tapi tetap disajikan sebagai menu tambahan loh. Pokoknya makan puas deh.


Ikan Bakar Aji-Aji

Ini adalah signature dish yang mereka miliki. Seperti yang tadi saya bilang, sebagai Ikan Bakar ala Makassar, bumbu yang dipakai tidak terlalu banyak. Tapi justru itu yang membuat hidangan yang satu ini jadi spesial. Karena bumbu yang tidak berlebihan, saya jadi bisa merasakan manisnya daging ikan yang satu ini. proses pematangannya pun menurut saya cukup baik. daging ikan matang sempurna, tapi tidak terasa kering. disajikan dengan sambal rica, irisan cabe rawit, dan bawang merah, hidangan ini menjadi salah satu favorit saya di restoran ini. Tidak salah menu yang satu ini menjadi Signature Dish mereka.




Cumi Goreng Tepung

Hampir semua restoran seafood rasanya memiliki menu yang satu ini. cumi goreng tepung adalah salah satu menu yang menurut saya gampang-gampang susah dalam teknik pembuatannya. banyak restoran yang membuat kulitnya terlalu keras, cuminya terlalu alot, ataupun hal-hal kecil lain yang membuat cumi goreng tepung yang terlihat simple menjadi tidak tersajikan dengan baik. Di Pangkep33, mereka mengolah cumi goreng tepungnya dengan sangat baik. Cuminya besar, tidak berbau, sangat juicy dan empuk tetapi tepungnya sangat renyah dan gurih. Tapi yang membuat cumi goreng tepungnya berbeda, batter/ tepung nya ada rasa manis. Cita rasa yang unik, tapi tidak menjadi aneh, malah menjadi begitu nikmat ketika berpadu dengan sambal yang pedas.

Eits, bicara tentang sambal, di Pangkep33 ini cukup terkenal dengan sambalnya.

Sambal

Ada beberapa pilihan tingkat kepedasan. Sebagai penggemar sambal, saya coba semua sambal yang tersedia. :-) untuk yang paling pedas, rasanya memang mantap. sambalnya tidak hanya sekedar pedas, tetapi aromanya juga sedap, dan memang rasa pedasnya bisa diandalkan untuk membuat kalian yang jago makan pedas sekalipun mengeluarkan keringat (dan garuk-garuk kepala???). hehehe... Nah buat yang tidak jago makan pedas, silakan pilih sambal yang paling tidak pedas. rasanya tetap nikmat. Kalian bisa tetap menikmati makan sambal tanpa harus menderita karena kepedasan.
Satu tambahan lagi, sambal mereka memang spesial, karena konon, terasinya dibuat sendiri dengan resep keluarga dan didatangkan langsung dari Makassar.


Cumi Telur Bakar

Tingkat kematangan yang sempurna membuat Cumi Telur Bakar mereka bisa saya nikmati dengan baik. Cuminya masih sangat juicy dan empuk.





Cumi Goreng Mentega

Paduan rasa manis, asin dan gurihnya menurut saya sangat baik. Dan yang saya suka, cuminya seperti mereka goreng sebentar dengan minyak yang sangat panas. bagian luarnya sedikit crispy namun secara keseluruhan dagingnya tetap empuk.




Kepiting Lada Hitam

Well, menu yang satu ini juga salah satu favorit saya di Pangkep33.
Bumbu Lada Hitamnya sangat terasa. Rasanya manis gurih pedas. Walaupun rasa bumbunya begitu kuat, tapi menurut saya sangat well-balanced. Pedas lada sangat terasa, namun tidak sampai menusuk dan membuat tenggorokan gatal. Rasa Asin dan Manisnya pun seimbang. Mungkin karena mereka tidak menggunakan salah satu bumbu berlebihan, namun dibuat kental sehingga sangat enak dimakan. Daging kepitingnya pun sangat manis dan padat.

Untuk semua menu kepiting, Pangkep33 punya satu kelebihan. mereka memberikan garansi loh.. (kayak barang elektronik ya, hehehe...). mereka menjamin semua daging kepiting mereka FULL. kalau saat kita makan dan ternyata daging kepitingnya tidak penuh (ada rongga antara daging dengan kulitnya) mereka akan dengan senang hati mengganti menu kita dengan kepiting yang baru. Ini baru namanya Excellent Service.




Es Palu Butung

Selepas menikmati hidangan seafood dan sambal yang pedas, makan penutup berupa es memang paling cocok. Apalagi bila kita makan di siang hari yang panas. Es Palu Butung adalah dessert khas makassar. Sedikit seperti es pisang ijo, es palu butung dibuat dari es serut, irisan buah pisang, bubur sum-sum, sirup merah dan susu kental manis.

Well, masih ada banyak menu yang saya coba hari itu. Sebut saja kepiting saos padang, kepiting telur asin, kepiting goreng pedas, ikan asin cabe ijo, udang bakar, bunga pepaya, tauge ikan asin, sayur asem dan kerang putih tauco.
Semuanya cukup enak, walaupun ada beberapa yang menurut saya biasa saja. (well, tapi tidak ada yg tidak enak menurut saya) Ok, paling hanya sedikit note, kerang putih tauco a.k.a. kepa tauco menurut saya a lil' bit too spicy buat kalian yang gak terlalu bisa makan pedas. Oh ya, bunga pepayanya juga enak loh. Jangan takut pahitnya bunga pepaya, Pangkep33 mengolahnya hingga sayur yang satu ini tidak akan membuat kalian merasakan pahit berlebihan. dan ingat, sayur yang satu ini bisa menurunkan koleterol loh. so, don't forget to order this.

NB: Banyak pejabat negeri kita yang sudah makan di sini loh. So, is it
good enough to try?


 Kerang Ijo Saos Padang

Ikan Asin Cabe Ijo

Kerang Putih Tauco

Kepiting Telur Asin

Kepiting Saos Padang

Udang Bakar

Rating:
Food & Drink: 8.5
Environment: 7.5
Service: 7
Cleanliness: 8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar