Sabtu, 04 Maret 2017

Seri Mengenal Makanan Korea Part 2: Bulgogi (Fire Meat)

Di seri kedua ini, saya ingin membahas mengenai makanan korea yang namanya Bulgogi.

Dalam bahasa korea, Bulgogi terdiri dari kata bul 불 yang berarti api, dan gogi 고기 yang berarti daging. Jadi, secara harafiah, bulgogi dapat diartikan sebagai daging api. 
Bulgogi ini adalah nama masakan daging yang dimasak di atas api, alias daging panggang.

Bulgogi (Korean Barbecue Dish) 
literally means fire meat
sumber: www.maangchi.com

Untuk membuatnya, daging (biasanya sapi) di-marinated dengan bumbu. Tergantung dari daerahnya, bumbu dibuat dengan ciri khas masing-masing. Tetapi secara umum, bumbu yang dipakai adalah kecap asin dan gula (sering juga direndam bersama jus pear), serta di tambah beberapa rempah / bahan lain seperti bawang, lada, minyak wijen, dll. Setelah itu, daging yang sudah direndam dengan bumbu kemudian dipanggang di atas panci datar.
Bulgogi yang dikenal juga sebagai Korean BBQ ini biasa dimakan dengan cara dibungkus menggunakan selada segar, ditambah dengan kimchi dan bawang putih.

Mau coba bikin di rumah? coba aja resep yang satu ini by Famous Korean Cooks, Maangchi.

Sebenarnya, bulgogi ini sendiri tidak terlalu jauh berbeda dengan masakan Jepang bernama Yakiniku, hanya saja, bumbu yang digunakan untuk bulgogi biasanya terasa sedikit lebih manis.

Menurut beberapa sumber, menu lezat dari Korea ini berasal dari sebuah daerah bernama Gaguryeo. Awalnya, menu yang satu ini dikenal dengan nama maekjeok, yang awalnya merupakan daging yang ditusuk seperti sate sebelum dipanggang. 
Pada masa dinasti Joseon, bulgogi dikenal dengan nama neobiani yang artinya daging tipis menyebar, dan merupakan sajian yang dihidangkan untuk para kaum bangsawan. Namun kini bulgogi telah menjelma menjadi makanan sejuta umat dan makanan tradisional warga Korea. 

Ada beberapa variasi dari bulgogi dengan menggunakan jenis daging yang berbeda, diantaranya:
dwaeji-bulgogi (daging babi)
dak-bulgogi (daging ayam)
oji ngeo-bulgogi (sotong)

Saat ini, Bulgogi mudah ditemukan di banyak restoran korea di dunia, salah satunya di Indonesia. Sebut saja di Jakarta, kamu bisa menemukan lebih dari 5 restoran Korea dalam satu wilayah di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Maklum, masakan korea sekarang ini lagi hits berkat drama korea yang membuat makanan korea menjadi lifestyle.

ngomong-ngomong soal bulgogi, jadi lapar neh.

matshige deuseyo ! (selamat makan)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar