Sabtu, 25 Februari 2017

Seri Mengenal Makanan Korea Part 1: Bibimbap (Mixed Rice)

Annyeong haseyo,

Jaman sekarang, sudah pasti banyak yang mengerti salam tersebut. Maklum, belakangan ini Korea memang sedang hits dan mendunia. Mulai dari lagu korea, film drama korea, dan tidak ketinggalan tentunya makanan korea. 

Ya, makanan korea yang mungkin dulu bagi sebagian besar orang Indonesia memiliki rasa yang aneh, sekarang tiba-tiba menjadi banyak digemari, apalagi oleh anak-anak muda. bahkan beberapa teman saya penggemar drama korea yang nggak doyan ngopi, tiba-tiba jadi suka dengan Iced Americano. Ya, tak lain dan tak bukan karena di drama korea, sering
sekali scene di mana pemerannya memesan Iced Americano ketika sedang di sebuah cafe atau kedai kopi.

Nah, untuk mengikuti demam korea yang sekarang sedang mewabah, saya mau mengajak Gourmet Lovers untuk melihat beberapa jenis makanan korea yang sedang populer. Paling tidak, supaya tidak bingung apabila nanti suatu saat pergi ke restoran korea dan melihat menu yang tidak ada gambarnya. :-)

Supaya nggak terlalu panjang, saya akan membuat tulisan ini dalam beberapa seri, jadi, stay tune terus di Blog The Gourmet World ini ya. 

Di seri pertama ini, kita mulai dengan makanan yang namanya BibimBap


Bibimbap : 비빔밥

Begini penampakannya,


Bibimbap 비빔밥
sumber: 
https://id.wikipedia.org/wiki/Bibimbap

Masakan yang satu ini tidak hanya lezat, tapi juga sehat. lihat saja banyaknya sayur dalam satu sajian makanan.


Nama Bibimbap sendiri bila diartikan secara harafiah, artinya adalah Nasi Campur (Mixed Rice).
Bibim berarti Campur, dan Bap adalah Nasi. 

Makanan yang sederhana, hanya meletakkan nasi dalam sebuah mangkuk, kemudian diberi topping berbagai jenis sayuran yang sudah ditumis atau di rebus dengan sedikit bumbu (istilah dalam korea: Namul), dan kemudian diberi bumbu berupa kecap asin, minyak wijen, dan pasta cabai khas korea bernama Gochujang. 
Biasanya juga ditambahkan dengan irisan daging sapi.

Untuk memakannya, Nasi dan sayuran diaduk bersama bumbu hingga semua tercampur rata. lalu kemudian tinggal menikmatinya sesuap demi sesuap hingga habis.


Salah satu kota di Korea yang paling terkenal dengan bibimbapnya adalah Jeonju. Jeonju bibimbap menjadi salah satu bibimbap paling digemari. di Jeonju, bibimbap sudah menjadi makanan rakyat sejak lebih dari seabad yg lalu. Entah apa bedanya dengan bibimbap lainnya, tetapi salah satu sumber yang saya dapat mengatakan bahwa Nasi pada Jeonju Bibimbap tidak dimasak dengan air putih seperti Nasi Putih Biasa, tetapi dimasak dengan kaldu sapi, sehingga cita rasanya lebih gurih.


Ada yang mengatakan bahwa Bibimbap ini awalnya dibuat dari sesaji yang dipersembahkan untuk arwah leluhur. Setelah upacara untuk memperingati hari kematian leluhur, orang-orang akan berbagi makanan sesaji dan mencampurkannya ke dalam mangkuk. 

Teori lain mengatakan bibimbap pertama kali disajikan hanya di meja makan kerajaan. Namun kemudian akhirnya diturunkan dan menyebar ke kalangan masyarakat biasa.


Warna-warni dalam bibimbap bukan hanya sekedar menarik dan menggugah selera makan, tetapi ternyata memiliki banyak makna loh.

Warna Hitam atau Warna Gelap
mewakili Utara dan ginjal
contohnya: Jamur shiitake, rumput laut

Warna Merah atau Oranye
mewakili Selatan dan Jantung
contohnya: Cabai dan Wortel

Warna Hijau
mewakili Timur dan Hati
contohnya: Timun dan Bayam

Warna Putih
mewakili Barat dan Paru-paru
contohnya: Tauge, Lobak dan Nasi

Warna Kuning
Menggambarkan Tengah dan Perut
contohnya: Labu, Kentang dan Telur



Kalau Jeonju Bibimbap adalah variasi bibimbap berdasarkan daerah, ada variasi lain dari bibimbap karena bahannya, contohnya adalah


Hoe-deopbap ( 회덮밥 )

Hoedeopbap memiliki arti Raw Fish Bibimbap
Sudah jelas donk?
Ya, hoedeopbap adalah variasi dari bibimbap yang menggunakan berbagai jenis seafood mentah sebagai toppingnya. Variasi yang satu ini cukup populer di daerah pantai Korea yang memiliki banyak hasil ikan.



Satu lagi variasi bibimbap yang paling saya gemari, yaitu:

Dolsot-Bibimbap ( 돌솥 비빔밥 )

Dolsot bibimbap adalah bibimbap yang disajikan dengan sebuah mangkuk batu. Dolsot sendiri berarti Stone Pot. Penyajiannya mangkuk batu dipanaskan hingga suhu tinggi, kemudian dilapisi dengan minyak wijen. Baru kemudian dimasukkan Nasi dan diberi saus serta topping, lalu kuning telur mentah ditaruh di atas Nasi.

Kuning telur mentah yang masak setelah dicampur nasi serta sayuran dalam mangkuk batu yang sangat panas, memberikan cita rasa yang khas dan tekstur yang lembut.

Dan penggunaan Mangkuk Batu panas yang dilapisi minyak wijen tersebut akan membuat lapisan nasi yang bersentuhan dengan mangkuk menjadi sedikit berkerak, membuat warna keemasan, sedikit renyah, dan memiliki aroma yang khas. 


Masih ada banyak lagi versi bibimbap dari Korea, seperti wild herbs bibimbap atau bibimbap yang disajikan dengan mangkuk tembaga.

Jadi penasaran kan dengan citarasa makanan yang satu ini?
Yang belum pernah, ayo di coba


NB: Bibimbap masuk dalam daftar 50 makanan terenak di dunia versi polling CNNgo.com
dan menempati posisi 40.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar