Saturday, October 27, 2012

Tips Mengempukkan Daging

Daging yang enak disantap tentu adalah daging yang segar dan harus empuk. Selain rasa daripada masakan daging, tingkat keempukkan daging itu sendiri merupakan satu hal yang sangat penting.

Nah, ada beberapa cara untuk mengempukkan daging, bisa dipresto, ataupun dengan cara-cara alami. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengempukkan daging yang akan dimasak.


1. Cara yang paling umum dan sering digunakan adalah dengan menggunakan Meat Tenderizer / pengempuk daging. Bubuk yang satu ini sering jadi pilihan karena penggunaannya yang mudah dan tidak membuat rasa daging berubah. Bahkan biasanya sering dijual setelah diolah menjadi bumbu. Oleh karena itu, sekalian mengempukkan daging, sekalian memberikan cita rasa pada daging. Bentuknya biasanya berupa bubuk. Caranya cukup mudah, potong daging sesuai ukuran yang diinginkan, lalu taburkan bubuk Meat Tenderizer ini dan diamkan kira-kira setengah jam. Setelah itu cuci bersih, tiriskan, dan siap diolah.

2. Cara yang lebih alami ialah dengan menggunakan daun pepaya. Caranya, remas remas daun pepaya, kemudian taruh potongan daging diatas daun pepaya dan tutup lagi dengan daun pepaya. Diamkan kira-kira 20-30 menit (bisa berbeda tergantung dari ukuran potongan daging), cuci bersih dan tiriskan. Daging yang diempukkan dengan cara ini cocok untuk dimasak dengan cara dibakar, misalnya sate.

3. Parut Nanas, dan lumurkan ke daging. diamkan kira-kira setengah jam. Cara ini lebih cocok untuk daging yang ingin dimasak sayur. Bisa juga dibuat sate, tapi perhatikan kecocokan bumbunya, karena rasa dari daging akan sedikit berubah karena pengunaan nanas ini.

4. Apabila daging diolah dengan merebus, anda bisa tambahkan sengenggam beras dalam air rebusan untuk mempercepat daging lebih empuk ketika direbus.

Selain tersebut di atas, anda bisa coba menggunakan kiwi, sari apel, cuka apel, perasan lemon, jus tomat. Cara menggunakannya sama dengan menggunakan parutan nanas untuk mengempukkan daging, hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk membuat daging tersebut empuk akan berbeda-beda, dan yang penting, rasa yang dihasilkan pun jelas berbeda.

Silakan mencoba !!

No comments:

Post a Comment