Jumat, 25 Mei 2012

Henis - Mangga Besar

Melewati jalan Mangga Besar, saya diajak seorang teman untuk menikmati Soto Mie.

Gambar di samping adalah menu spesial yang ditawarkan tempat makan yang terletak di Mangga Besar ini, Henis.

Meski sudah terkenal, jujur saja baru kali ini saya mencicipi makan disini.

Setelah 10 menit menunggu, akhirnya datang juga pesanan saya. Cukup lama untuk menyajikan semangkuk soto, tapi masih dapat diterima. :)
Mungkin saja karena waktu itu memang cukup ramai.


Ok, yang penting makanan sudah ada di depan mata saya, dan itu artinya sudah saatnya bagi saya menikmati santapan yang memang terlihat menggugah selera.

Soto Henis
 Pertama, porsi nya memang besar seperti yang teman saya bilang.

Walaupun tampilannya sedikit berbeda dengan yang ada  di gambar menunya (ini dia yang sebenarnya kurang saya sukai. gambar di menu dibuat sebaik mungkin, artinya mereka bisa, lalu mengapa aslinya gk dibuat seperti itu. Fiuhhh..) Tapi rasanya memang enak.

Rasa kaldunya kental, tidak terlalu berminyak. Buat anda yang tidak suka mie, bisa diganti dengan bihun. Nah, memang terlihat seperti Soto Mie kan?? Eits, tapi disini disebutnya Soto Daging, atau Soto Henis. Yang namanya Soto Mie itu ya Soto Daging ini dikasi mie. hahaha... yach paling tidak itulah sedikit penjelasan dari seorang pelayan di sini. Oh ya, satu lagi yang memang membuat orang banyak menyebutnya Soto Mie, karena memang dilengkapi dengan potongan Risol. Istimewanya, risol yang digunakan untuk soto Henis ini memang besar-besar. Yummy.

Bakmi Sapi Tauco
Ini dia satu lagi menu yang juga spesial di sini, "Bakmi Sapi Tauco". Saya jarang dengar makanan yang satu ini, makanya saya pesan juga menu yang satu ini. Seporsi Bakmi yang disiram dengan kuah tauco yang banyak, disajikan bersama potongan cakwe yang besar. 

Bakmi yang dipakai memang enak kekenyalannya. Rasa kuahnya manis gurih, agak seperti kuah yang biasa digunakan untuk swikee. 

Daging sapi yang dipakai oleh Henis, baik untuk Soto Daging maupun Bakmi Sapi Tauco memang sangat empuk dan potongannya cukup besar dan banyak. Puas deh pokoknya.

Selesai makan, ada yang menarik perhatian saya. Di saat orang-orang yang datang ke sini sibuk menikmati Soto dan Bakmi Sapi Tauco, beberapa karyawan sibuk membungkus roti yang ukurannya kecil ke dalam kotak. tidak hanya satu atau dua, belasan, atau puluhan, tapi bisa ratusan.. Ini toko roti atau tempat makan soto seh sebenarnya?? :)

Ok, saya putuskan untuk mencoba, apa seh yang spesial dari roti ini hingga banyak sekali peminatnya.

Roti Baso Ayam yang satu ini cukup mahal. sepotong roti yang ukurannya tidak besar ini harganya 6rb rupiah. Cukup lumayan kan. Namun ternyata pembeli akan dibuat puas dengan rasanya. Rotinya memang lembut dan istimewanya adalah isinya. Isi dagingnya sangat banyak dan bumbunya sangat lezat terasa. Dengan roti yang tidak terlalu tebal, membuat kita bisa menyebut makanan yang satu ini Roti Daging, atau mungkin juga Daging Roti?? hehe.. :)

Akhirnya saya pun membeli beberapa potong untuk saya bawa pulang.

Jujur saja, sesaat setelah pulang, saya baru menyadari, Nama tempat makan yang satu ini sangat sederhana. hanya "Henis". Pantas saja, ada yg menyebutnya Soto Henis, ada juga yang bilang Roti Henis. :) karena keduanya memang spesial di sini.


Rating:
Food & Drink: 8
Environment: 7
Service: 7
Cleanliness: 8


Tidak ada komentar:

Posting Komentar